Bappebti Akan Bahas Usulan Rating Aset Kripto dengan Kemenkeu

Berita Ekonomi

Standar penilaian risiko untuk menetapkan aturan dan tata kelola pasar aset kripto yang komprehensif di Indonesia dianggap perlu untuk diterapkan sejalan dengan pembentukan pertukaran aset digital ini.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Laporan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Departemen Keuangan pada Selasa, 5 Juli 2022 menemukan bahwa perkembangan aset kripto secara global, termasuk di Indonesia, cukup pesat.

Laporan tersebut menyatakan bahwa harus ada prasyarat penting untuk keberhasilan konsep perpajakan produk berisiko seperti cryptocurrency, yaitu adanya standar penilaian risiko, vondischenrdden.

Standar ini dapat dibangun di atas standar yang ditetapkan oleh lembaga independen yang memiliki reputasi baik di pasar dan bersifat global. Beberapa variabel yang diukur dalam penilaian risiko produk kripto standar termasuk indeks risiko, yang mengukur volatilitas harga, perbedaan antara harga terendah dan tertinggi selama periode waktu tertentu.

Kedua, indeks teknologi yang mengukur kapasitas dan kinerja produk aset kripto, termasuk kecepatan dan biaya transaksi, skalabilitas, dan kompatibilitas dengan jaringan blockchain lainnya.

Ketiga, indeks penerimaan pasar, yang mengukur sejauh mana produk kripto digunakan oleh pasar sebagai alat tukar dan sejauh mana proyek pengembangan dan program eksploitasi berjalan di internet.

Terkait hal itu, Tirta Karma Senjaya, Kepala Badan Pengembangan dan Pengembangan Pasar Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), mengatakan pihaknya akan menerima usulan tersebut, menurut BKF.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Kami akan membicarakannya dengan BKF ke depan karena kami belum mengikuti pembahasannya,” katanya saat dihubungi, Selasa, 5 Juli 2022.

Dia menambahkan bahwa Bappebti juga membahas de-risiko perdagangan aset kripto. Hal ini tertuang dalam Peraturan Bappebti No. 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Perdagangan Aset Kripto Fisik di Bursa Berjangka.

Secara terpisah, Futures Sutopo Widodo, Presiden Komisaris PT HFX International, menyambut positif usulan penilaian aset kripto tersebut. Mengingat hal itu, akan sangat membantu investor biasa dalam menganalisis aset kripto yang ada.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa mengetahui profil risiko aset kripto memungkinkan investor untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Investor juga dapat memilih aset kripto berdasarkan profil risiko dan kebutuhan mereka,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.