Fakta-Fakta 3 Anak Meninggal Diduga Akibat Hepatitis Akut

Ekonomi

Tiga anak meninggal diduga terinfeksi hepatitis akut. Kematian ketiganya dilaporkan pada waktu yang berbeda, mulai dari dua pekan terakhir hingga 30 April 2022.

Masih dalam pengawasan intensif RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta menemukan tiga gejala yaitu mual, muntah, diare berat, sakit kuning dan gangguan kesadaran.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah melakukan investigasi melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui full panel survey dan survei epidemik untuk mengetahui penyebab penyakit tersebut.

“Selama masa penyelidikan, kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang,” kata juru bicara Departemen Kesehatan Dr. Siti Nadia Tarmizi, dan mengutip My Country Health pada Senin 2 Mei 2022.

Apakah ada kecurigaan bahwa ketiga anak tersebut kini mengidap hepatitis akut akibat serangan melalui saluran pencernaan dan pernapasan.

Untuk mencegah risiko infeksi, kebersihan pribadi dan makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat penting.

Untuk mencegah terjadinya gangguan saluran pencernaan, jaga kebersihan dengan cara cuci tangan pakai sabun, pastikan makanan atau minuman yang dimakan sudah direbus, tidak ada peralatan makan, dan petugas kebersihan tersebut , agar anak-anak bisa menjadi . anak kita masih sehat,” kata Dokter Spesialis Anak Gastrohepatologi RSCM FKUI Prof Hanifah Aswari dalam keterangan pers virtual, Kamis, 5 Mei 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.