Harga Daging Sapi Melesat, Apa Solusinya?

Berita Ekonomi

PT Berdikari, anggota BUMN food holding ID Food, mengambil berbagai kepentingan untuk mengantisipasi kenaikan harga daging sapi. Salah satunya adalah mobilisasi sapi hijauan lokal dari peternak di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang dilakukan mulai awal tahun 2022 pada kuartal pertama.
Selain itu, Berdikari juga telah mengimpor sapi pakan dari Australia pada awal April.

Dari mobilisasi tersebut, saat ini 1.481 sapi hidup siap untuk dipotong dan ini akan terus berdatangan melalui Berdikari, sesuai panduan Badan Pangan Nasional Indonesia, hingga 5.000 asing yang dimobilisasi dan pernyataan Riusheim, Minggu (1/5/2022). .

Selain mengerahkan sapi hidup, Berdikari juga menerima pesanan khusus 20.000 ton daging beku dari Brasil setiap tahun sejak 2020. Khusus untuk memastikan ketersediaan daging sapi untuk Hari Raya Keagamaan Nasional (HBKN), 5.000 ton dijadwalkan tiba pada akhir Mei dan awal Juni 2022.

Langkah itu sebagai tindak lanjut arahan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga daging menjelang HBKN 2022.

Masyarakat juga punya alternatif untuk membeli daging, ada daging sapi segar, daging sapi beku, dan kerbau beku,” kata Arief.

Untuk memastikan akses ketersediaan dan jaminan harga, Berdikari saat ini bekerja melalui mitra distribusi di pasar modern, pasar basah, e-commerce, dan jaringan Outlet Daging Berdikari. Harga tetap stabil di kisaran Rp 110.000 saat mengunjungi pusat daging individu Berdikari Meat Reseller, LotteMart Network, Best Meat Shop dan Prima Food di beberapa lokasi di Jakarta langsung pada Selasa, 26 April 2022.

Untuk memastikan distribusi daging sapi dan produk olahannya dapat merata dengan harga yang diharapkan masyarakat, Berdikari bekerja sama dengan distributor Kari dan Out dem Bersamdi.

Saat ini Berdikari secara rutin memiliki lebih dari 36 ton/bulan daging sapi bekerjasama dengan distributor di pasar modern seperti Best Meat Butchers, Prima Fresh Marts dan LotteMart, pasar basah, e-commerce dan gelie Network Out. untuk memasok daging sapi beku dari Brasil dengan kisaran harga eceran 115.000 hingga Rp 140.000 per kg daging sapi,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.