Kota Odesa di Ukraina Dihantam Rudal Iskander

Berita

JAKARTA – Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Sabtu, 7 Mei 2022 rudal Iskander-nya menghancurkan sebuah pesawat Ukraina di bandara, di wilayah Artsyz, Odessa dan Voznesensk. Rudal presisi tinggi itu dikatakan telah mengenai gudang amunisi Amerika dan Eropa di dekat Kharkiv.

Ukraina sebelumnya mengatakan melalui juru bicara regionalnya Serhiy Bratchuk bahwa empat roket menghantam wilayah Odessa pada hari Sabtu. Tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut.

Roket lain yang jatuh di Odessa pada hari Sabtu menghantam sebuah pabrik furnitur di daerah perumahan. Natalia Humeniuk, juru bicara komando militer untuk Ukraina selatan, mengatakan dua serangan bom lagi menghantam landasan pacu yang rusak.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya melakukan simulasi serangan rudal nuklir di daerah kantong Kaliningrad, wilayah yang berbatasan dengan Uni Eropa, pada Rabu, 4 Mei 2022. Daerah tersebut berada di tengah-tengah Lithuania dan Polandia.

Selama pembongkaran, Rusia mempraktikkan peluncuran listrik dari sistem rudal balistik seluler berkemampuan nuklir Iskander. The Moscow Times melaporkan pada hari Kamis, 5 Mei 2022 bahwa lebih dari 100 tentara ambil bagian dalam bung.

Menurut Rusia, pasukan tersebut melakukan serangan tunggal dan ganda pada target yang meniru sistem rudal. Mereka juga menguji lapangan udara, infrastruktur pertahanan, peralatan yang dikerahkan, dan pos komando. Unit yang terlibat adalah untuk mempraktekkan tindakan di bawah kondisi radiasi dan kontaminasi kimia.

Latihan serangan rudal itu dilakukan di tengah spekulasi yang berkembang bahwa Rusia bertujuan untuk mengakhiri perang pada 9 Mei 2022. Kantor Kepresidenan Rusia, atau Kremlin, telah menolak rencana tersebut karena tidak pernah menganggap operasi militernya sebagai perang.

Moskow sebelumnya telah menyatakan melalui Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov bahwa 9 Mei 2022 bukanlah tanggal yang relevan untuk menyatakan kemenangan operasi militer di Ukraina. Lavrov menyatakan bahwa pasukan Rusia tidak akan menandai tindakan mereka pada tanggal tertentu.

9 Mei dalam kalender Rusia adalah tanggal khusus. Pada hari ini, Rusia merayakan kemenangannya dalam Perang Dunia II.

Sejak invasi pertama pada 24 Februari, Rusia masih beroperasi dengan pasukannya di wilayah Ceko. Beberapa konsekuensi dari operasi militer ini membuat Rusia dibombardir dengan sanksi ekonomi dan diisolasi dari forum internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.