Menteri Agama Ucapkan Selamat Hari Raya Wasiak: Rekatkan Tali Persaudaraan Sesama

Berita

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak Trinitas kepada seluruh umat Buddha di Indonesia yang merayakannya pada Senin (16 Mei 2022).

Dalam kesempatan ini beliau mengajak gerakan Waisak untuk lebih mempererat moderasi beragama dan antara lain mempererat tali persaudaraan.

Mari kita terus memperkuat moderasi beragama dan mempererat persaudaraan antar sesama,” kata Yaqut seperti dikutip Antara.

Dia juga seperti yang diajarkan dalam Dhammapada ayat 194 bahwa kelahiran para Buddha adalah penyebab kebahagiaan tersebut, penyebaran pacaran sejati adalah penyebab kebahagiaan, persatuan adalah penyebab kebahagiaan di bawah bangku Kkampf, penyebab kebahagiaan adalah penyebab kebahagiaan.

Tri Suci Waisak, kata Yaqut, memperingati masa Buddhis dan tiga peristiwa penting, yaitu kelahiran Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta yang mencapai pencerahan agung dan menjadi Buddha, dan Buddha Gautama Parinibbana.

Pangeran Siddharta mengajarkan Buddha Majhima Patipada, ajaran tentang pentingnya menjalankan kehidupan beragama dengan prinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kerukunan dan perdamaian,” ujarnya.

Mengingat beliau, seluruh umat Buddha Indonesia memiliki tanggung jawab yang sama untuk turut serta membangun masyarakat yang rukun, damai, dan sejahtera, dan hal ini dapat dicapai melalui pemahaman akan kebenaran Dharma yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.